Jam Kerja : SEL 08.00-17.00 WIB

Home » Blog » Ada Jadwal Vaksinasi saat Mudik? Tenang Ada Vaksin Covid-19 Kok di Pos Kesehatan

Ada Jadwal Vaksinasi saat Mudik? Tenang Ada Vaksin Covid-19 Kok di Pos Kesehatan

Blog bfmcoid
ada-jadwal-vaksinasi-saat-mudik-tenang-ada-vaksin-covid-19-kok-di-pos-kesehatan-lgj3Gr0XXY

VAKSIN dosis ketiga atau booster memang menjadi syarat mudik tahun ini, oleh karena itu pemerintah terus mendorong pemberian vaksin Covid-19 termasuk nantinya di pos kesehatan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pemerintah menyediakan 200 dosis vaksin di setiap pos kesehatan mudik. Hal tersebut memudahkan bagi pemudik yang terjadwal vaksin di hari-H perjalanan mudik.

“Satu pos jumlahnya sekitar 100-200 dosis vaksin,” ujar dr Siti Nadia kepada MNC Portal, Kamis (21/4/2022)

Sehubungan dengan momen mudik, Kemenkes mengantisipasi adanya pemudik sakit ataupun butuh pertolongan medis cepat. Dengan menyediakan 13. 968 fasilitas kesehatan, yang disebar di seluruh Indonesia.

Di mana mempersiapkan 340 Pos Kesehatan, mengingat pemerintah memprediksi sebanyak 85 juta jumlah orang, melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. “kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” jelasnya dalam laman resmi Kemenkes

Fasilitas kesehatan lainnya ialah, 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC) dan 51 KKP. Kemenkes mengatakan pos kesehatan, dilengkapi dengan ambulance roda dua dan roda empat yang ditempatkan di berbagai rest area di jalan toll, pintu exit toll, jalur toll, jalur jalan raya non toll dan beberapa lokasi wisata.

Sekadar informasi, cakupan vaksinasi dosis ketiga (booster) masih relatif rendah. Dilaporkan dari 34 provinsi di Indonesia, baru 9 provinsi yang sudah mencapai 30% cakupan vaksinasi booster, sementara sisanya masih dibawah 30%. Sedangkan, sasaran untuk dosis pertama, telah mencapai 73,36% dan dosis kedua mencapai 60,25% dari total populasi Indonesia.

 

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/

Related Post

Butuh Bantuan?